Mau Belanja Online yang Aman Tanpa Tipu-Tipu? Lakukan Hal Ini - eHealthy Lifes

27 May 2015

Mau Belanja Online yang Aman Tanpa Tipu-Tipu? Lakukan Hal Ini

Tips aman belanja online — Semua orang pasti senang berbelanja, namun terkadang kita sedikit malas untuk sekedar membeli sebuah barang dengan pergi ke mall karena akan sangat melelahkan jika harus berjalan berlama-lama, belum lagi terjebak kemacetan selama berjam-jam.

Hal inilah yang membuat sebagian dari kita lebih memilih belanja secara online karena lebih menghemat banyak waktu dan tidak banyak menguras tenaga.

Namun memang tetap saja berbelanja secara online juga butuh ketelitian, karena kita semua juga tahu kalau berbelanja secara online kita tidak bisa melihat dan meraba secara langsung bentuk dan fisik dari barang yang akan kita beli.

Terlebih, tidak sedikit online shop 'nakal' yang menjengkelkan dan tidak bertanggung jawab.
Karenanya, teliti sebelum membeli itu penting diterapkan dalam berbelanja, apalagi secara online. Guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan dan bersifat merugikan.

Oleh karena itu, dengan maraknya bisnis online dan tidak sedikit pula yang merasa tertipu setelah melakukan transaksi jual beli secara online.

Dalam artikel kali ini akan dibahas sejumlah tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang ingin berbelanja online secara aman tanpa dihantui rasa takut serta khawatir akan tertipu.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Barang Secara Online


Cara Aman Belanja Online
Image via flickr.com

1. Telusuri terlebih dahulu nama dari online shop tersebut melalui search engine, entah itu google, bing, yahoo, ask, dsb.

Apabila setelah dilakukan penelusuran muncul halaman lain yang masih berkaitan dengan online shop tersebut, kamu bisa sedikit lega dan melanjutkan pencarian informasi berikutnya.

2. Kenali terlebih dahulu webiste dari online shop yang kamu kunjungi, amati dengan seksama apakah di dalam website tersebut terdapat halaman yang mendeskripsikan website tersebut.

3. Pastikan bahwa halaman customer service/kontak online shop tersebut memiliki nomor, e-mail dan alamat yang bisa dihubungi.

Pastikan juga kebenaran dari informasi tersebut dengan menanyakan kepada sahabat atau kerabat yang kebetulan tinggal/menetap dekat dengan alamat tempat online shop tersebut berada.

4. Kenali metode transaksi/pembayaran yang dilakukan. Biasanya kalau online shop yang terpercaya mau melayani Cash on Delivery (COD), apabila sama-sama masih satu kota sesuai dengan kesepakatan bersama.

Selain itu, mereka juga bersedia melakukan transaksi melalui jasa REKBER atau rekening bersama seperti PayPal, inapay atau jasa rekber lainya.

5. Terakhir, apabila kamu masih merasa ragu terkait kebenaran online shop tersebut. Kamu bisa mencari lebih banyak informasi terkait kebenaran online shop tersebut melalui polisionline.com

Bagikan artikel ini

4 comments

  1. Wah ane butuh nih gan tips belanja online. Ane kemarin baru ke web store terkenal tapi barang belum sampe 1 bulan euy parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang belanja melalu online store yang sudah terkenal. pastinya ada customer servicenya, coba hubungi dan ajukan keluhan jika memang merasa tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.

      Delete
  2. ane pernah ditipu :/ btw, ini thanks ya biar bisa lebih hati hati lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga gak terulang lagi ya kang, jadiin pelajaran aja buat lebih berhati-hati lagi kedepanya :)

      Delete