Rekomendasi Makanan Bagi Anda yang Menginginkan Kulit Cantik, Sehat dan Terawat - eHealthy Lifes

13 June 2015

Rekomendasi Makanan Bagi Anda yang Menginginkan Kulit Cantik, Sehat dan Terawat

Makanan sehat untuk kulit dan kecantikan — Mungkin Anda pernah atau sedang mengalami sejumlah masalah dengan kulit Anda saat ini. Masalah yang umum dan seringkali menjengkelkan kita adalah timbulnya jerawat, dan terkadang sulit untuk mengatasinya.

Bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh gaya hidup serta sejumlah makanan yang kita konsumsi sehari-harinya malah memperburuk keadaan kulit Anda.

Makanan yang Baik bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Rekomendasi Makanan Bagi Anda yang Menginginkan Kulit Cantik, Sehat dan Terawat
Image via commons.wikimedia.org

Menyinggung soal makanan, terdapat sejumlah makanan yang justru baik dan turut membantu meningkatkan kesehatan juga kecantikan kulit Anda.

Karenanya, dalam artikel kali ini akan dibahas sejumlah makanan yang memiliki pengaruh positif terhadap kulit, baik dari segi kesehatan dan kecantikan. Beberapa dianataranya adalah :

Bayam

Seperti yang kita ketahui, bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Bayam juga merupakan sumber yang baik untuk zat besi, folat, klorofil, vitamin A, C dan E, magnesium, serat, dan juga protein nabati.

Dengan adanya vitamin A, C dan E tersebut yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan, mengkonsumsi bayam secara teratur dalam jumlah yang wajar akan memberikan efek positif bagi kulit Anda nantinya.

Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam bayam dapat melawan hampir semua jenis masalah yang terjadi pada kulit.

Dengan mengkonsumsi bayam, Anda tidak hanya membersihkan kulit bagian dalam, tapi juga membersihkan kulit bagian luar.

Biji-Bijian

Beberapa jenis biji-bijian yang baik bagi kulit Anda diantaranya adalah, biji labu, biji bunga matahari, biji chia, dan biji rami.

Untuk biji labu dan biji bunga matahari sendiri, keduanya memiliki kandungan yang kaya akan selenium, protein, magnesium dan vitamin E.

Selenium dan protein diketahui dapat membuat menghilangkan kulit yang keriput secara berangsur-angsur.

Selain itu, vitamin E yang terkandung di dalamnya juga dapat meningkatkan kelembaban kulit. Ditambah lagi dengan adanya kandungan magnesium yang dapat menurunkan tingkat stres.

Untuk biji chia dan biji rami sendiri, keduanya mengandung asam lemak omega-3 yang baik dan ampuh dalam mengatasi jerawat dan keriput.

Untuk cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, Anda bisa menambahkan biji-bijian tersebut sebagai bahan tambahan dalam hidangan Anda.

Bisa dengan menaburi biji-bijian tersebut tepat di atas salad atau bubur gandung, atau bisa juga dengan menambahkan biji-bijian tersebut pada yoghurt buah yang Anda buat.

Anda bisa mengkreasikanya sendiri pada hidangan atau masakan Anda di rumah.

Buah Pepaya

Salah satu dari sekian banyak buah-buahan yang ada dan mengandung banyak sekali manfaat serta gizi yang baik bagi tubuh adalah buah pepaya.

Buah yang satu ini sangat rendah akan kalori, yaitu hanya 39 kalori per 100 g nya, serta tidak mengandung kolestrol.

Nah, bagi Anda yang sedang berusaha menurukan berat badan, Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah yang satu ini setiap harinya, tentunya dalam jumlah yang wajar.

( Baca juga : Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh )

Selain dapat membuat kenyang, buah pepaya juga turut melancarkan pencernaan. Hal ini di karenakan, buah pepaya memiliki kandungan yang rendah akan fruktosa, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

Nutrisi antioksidan yang terdapat di dalamnya, termasuk vitamin C dan E, serta beta-karoten diketahui baik untuk mengurangi peradangan dan jerawat.

Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi kulit Anda terhadap kerusakan yang timbul akibat paparan dari sinar matahari.

Dark Chocolate

Makanan yang kaya anti oksidan, asam lemak, dan flavanol ini mampu membuat kulit Anda tampak lebih bersinar. Antioksidan yang terkandung didalam cokelat memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit.

Ia turut membantu mengurangi kekasaran pada kulit serta melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, adanya kandungan kakao dalam cokelat juga turut membantu melemaskan arteri dan juga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit.

Sehingga nantinya apabila makanan yang satu ini dikonsumi dengan jumlah yang wajar akan turut membantu menyehatkan kulit Anda.

Apabila Anda salah satu orang yang menyukai cokelat jenis ini (dark chocolate), atau mungkin Anda tertarik untuk mengkonsumsinya.

Pastikan untuk memilih cokelat yang memiliki kandungan kakao minimal 80% guna mengindari susu dan gula yang berlebihan.

Minyak Kelapa

Salah satu sumber lemak jenuh terkaya adalah minyak kelapa dengan kandungan yang dimilikinya yaitu sekitar 90% dari total kalorinya sebagai lemak jenuh.

Dalam minyak kelapa, terdapat sejumlah asam laurat, agen antibakteri, dan antivirus yang kuat untuk melawan virus, infeksi, peradagan, dan juga jerawat.

Selain itu, minyak kelapa juga banyak mengandung asam lemak esensial dan vitamin E yang sempurna untuk menjaga kulit dan bisa menjadikan kulit Anda lembab, lembut, dan bebas dari kerutan.

Banyak ahli menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai krim tubuh. Selain itu, disertai juga dengan mengkonsumsi satu sendok makan minyak kelapa mentah setiap harinya.

Paprika Merah

Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin C, malah paprika merah ini diketahui mengandung lebih dari 100% vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Disamping itu, sayuran ini bisa dikonsumsi langsung (mentah) atau dimasak terlebih dahulu.

Paprika merah juga diketahui mengandung sejumlah besar serat dan vitamin B6. Manfaat lain yang dimiliki oleh sayuran ini ialah karotenoid yang terkandung didalamnya.

Karotenoid ini diketahui mampu membantu mencegah timbulnya kulit keriput, mengatasi jerawat, dan juga membantu memperbaik sirkulasi darah ke kulit. Dengan begitu, kulit Anda akan tampak lebih muda dan sehat.

Untuk satu buah paprika merah, jumlah kalori yang terkandung didalamnya pun cukup sedikit, yaitu hanya sekitar 30 kalori.

Meskipun jumlah kalorinya sedikit, tapi dengan banyaknya serat yang terkandung didalam paprika dapat membantu tubuh Anda merasakan kenyang lebih lama.

Salmon

Salmon mengandung sebagian besar kebutuhan tubuh setiap harinya akan asupan vitamin D. Dimana vitamin D ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, usus, jantung, dan juga otak.

Selain itu, vitamin D juga turut membantu mencegah kanker usus, penyakit jantung, penyakit tulang, depresi, dan juga kecemasan.

Salmon juga banyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk mengatasi peradangan, keriput, dan jerawat.

Oleh karena itu, dengan jumlah kandungan omega-3 yang tinggi tersebut bisa membantu melembabkan kulit dari dalam hingga luar.

Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi salmon dalam jumlah yang wajar dan teratur juga dapat membuat kulit kepala terhidrasi sehingga bisa membuat rambut Anda sehat dan juga kuat.

Seledri

Seledri mengandung vitamin K yang dapat membuat sirkulasi darah menjadi sehat dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Dengan begitu, tingkat stres Anda dapat berkurang.

Seperti yang kita ketahui, stres juga merupakan salah satu penyebab dari timbulnya permasalahan pada kulit semisal jerawat.

Kandungan lain yang dimiliki oleh seledri ialah, natrium alami, kalium, dan air yang tentunya dapat membantu mencegah dehidrasi.

Sebagai catatan, dehidrasi pada kulit ditandai dengan kulit kering, mengelupas, keriput, dan bahkan timbulnya jerawat.

Teh Hijau

Teh hijau ini merupakan salah satu sumber antioksidan dan asam amino L-theanine yang berfungsi untuk membantu merilekskan tubuh dan juga menurunkan tingkat stres.

Selain itu, teh hijau juga diketahui dapat membantu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi. Ditambah dengan adanya antioksidan yang terdapat didalam teh hijau, terbukti bermanfaat sebagai agen anti-kanker dan anti-inlamasi.

Guna mendapatkan manfaat dan hasil yang lebih baik, banyak orang menyarankan untuk meminum tiga cangkir teh hijau setiap harinya.

Wortel

Selain baik untuk mata, wortel juga baik bagi kulit Anda terutama dalam membersihkan jerawat.
Kandungan vitamin A yang melimpah di dalam wortel lah yang nantinya akan membantu mencegah kelebihan produksi sel di lapisan luar kulit.

Selain itu, vitamin A yang terdapat di dalam wortel juga dapat mengurangi perkembangan sel kanker kulit.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan kulit sehat dan terawat, disarankan untuk mengkonsumsi setengah cangkir wortel setiap harinya.

Manakah dari makanan ini yang Anda suka dan makan setiap hari?

Catatan : Dengan dibuatnya artikel ini, tidak serta merta saya memaksakan dan menyarankan Anda untuk harus memakan semua makanan tersebut setiap harinya.

Dalam hal menjaga kesehatan, khususnya dalam artikel kali ini, yang perlu Anda hindari yaitu makanan cepat saji atau apapun itu makanan yang mengandung gula, lemak, dan karbohidrat yang tinggi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda