Tips Mudah dan Cara Alami Memerahkan Bibir - eHealthy Lifes

08 June 2015

Tips Mudah dan Cara Alami Memerahkan Bibir

Tips mudah dan cara alami memerahkan bibir — Dari sejumlah bagian tubuh, bibir dipercaya oleh banyak orang sebagai salah satu bagian pada wajah yang paling atraktif, terutama pada wanita.

Terkait hal ini, terdapat sebuah penelitian pada tahun 2010 lalu mengenai bagian wajah paling aktraktif ini.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Manchester University menunjukan bahwa, pria menghabiskan lebih dari lima detik untuk memandangi bibir wanita yang pertama kali ditemuinya, lebih lama dari mata dan rambut.

Namun sayangnya, bibir rentan mengalami sejumlah masalah yang di akibatkan oleh sejumlah faktor tertentu.

Dimulai dari bibir kering, pecah-pecah, sampai kehilangan rona alaminya yang kemudian menggelap/menghitam.

Nah, bagi Anda yang memiliki sejumlah masalah tersebut. Anda bisa mencoba beberapa tips merawat dan memerahkan bibir berikut ini.

Tips dan Cara Memerahkan Bibir


Tips Mudah dan Cara Alami Memerahkan Bibir
Image via pixabay.com

Catatan :
Hindari bahan-bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi dari bibir dan kulit Anda

Jaga asupan nutrisi

Sejumlah asupan nutris mampu membantu meningkatkan kemampuan kulit dalam memperbaiki diri serta menjaga kelembabanya.

Seperti halnya vitamin B yang dapat membantu melindungi kulit dari berbagai serangan penyakit, termasuk bibir kering dan rusak akibat dari paparan sinar UV yang berlebihan.

Disamping itu, asupan vitamin C juga mampu mempercepat produksi kolagen yang tentu akan membantu dalam hal memerahkan bibir yang menghitam.

Selain itu, asupan yang cukup akan vitamin A dan E juga secara umum dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Jaga tubuh tetap terhidrasi

Dalam hal mempertahankan kelembaban bibir, tidak hanya kelembaban bibir luar saja yang harus dijaga. Bibir bagian dalam pun harus terjaga kelembabanya.

Caranya yaitu dengan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, yaitu dengan meminum air yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh, serta kurangi konsumsi kopi ataupun garam yang dapat mempercepat keluarnya cairan dari tubuh.

Guna mendapatkan hasil yang baik, perbanyaklah konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung cairan seperti, semangka, mentimun, melon, tomat, dll.

( Baca juga : Hal Sederhana Ini Membuat Kulit Sehat Terawat dan Tampak Segar )

Jaga kelembaban

Karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak guna menjaga kelembabanya, serta lapisan bibir sangatlah tipis jika dibandingkan dengan kulit wajah. Maka bibir sangat rentan sekali mengalami kekeringan.

Masalah bibir kering ini diketahui merupakan salah satu penyebab umum yang memicu terjadinya bibir menghitam. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan lip balm terutama saat cuaca berangin dan udara kering.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan lip balm, Anda bisa menggunakan pelembab alami seperti madu, minyak kelapa, cocoa butter atau minyak zaitun.

Sebelum Anda menggunakan lipstik, biarkan terlebih dahulu pelembab alami tersebut meresap kedalam bibir.

Pilih lipstik dan lip balm dengan kualitas yang baik


Lipstik dan Lip Balm Berkualitas
Image via en.wikipedia.org

Dalam hal memilih kosmetik seperti halnya lipstik, lip balm ataupun produk untuk bibir lainya. Terlebih dahulu utamakan kualitasnya, jangan asal memilih produk hanya karena tertarik dengan warna atau kemasanya.

Guna mendapatkan bibir yang sehat dan merona, hindari kosmetik berbahan parabens dan fragnance karena bisa mengakibatkan iritasi. Sebaiknya, pilih lah kosmetik dan produk perawatan bibir dengan vitamin yang bisa membantu mengembalikan warna alaminya.

Pilih lip balm dengan sunscreen

Sebagian orang menyangka jika sunscreen atau tabir surya hanya diperlukan oleh kulit tubuh saja. Padahal, bibir juga memerlukan tabir surya. Hal ini karena konsentrasi melanin yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terdapat pada bibir sangatlah sedikit.


Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat mengakibatkan perubahan warna (diskolorasi) akibat lentigo (bercak atau noda kecil berwarna kecoklatan) dan melasma (pigmentasi kulit yang berlebihan).

Oleh karena itu, gunakan lah lip balm dengan SPF 15 atau 30 untuk melindunginya.

Hentikan kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh mereka ketika bibir mulai mengering dengan cara menjilat bibirnya agar dibasahi oleh air liur sehingga tidak tampak kering lagi.

Alih-alih memberikan kelembaban, tanpa di sadari, menjilat bibir justru bisa membuat bibir semakin kering dari sebelumnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini sebaiknya dihentikan. Anda bisa mencoba alternatif lain dengan cara menggunakan lip balm.

Setelah menggunakan lip balm, tahan keinginan Anda untuk menjilat lip balm tersebut yang biasanya memiliki aroma buah-buahan atau madu ini.

Hapus kosmetik sebelum tidur

Sebelum Anda beranjak untuk tidur, terlebih dahulu pastikan untuk selalu menghapus lipstik dan lip liner. Anda bisa menggunakan sedikit minyak zaitun atau minyak almond untuk membersihkannya jika Anda kehabisan make up remover.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena apabila Anda meninggalkan lipstik di bibir selama semalaman bisa membuatnya kering dan menggelap. 

Buat scrub untuk eksfoliasi

Hal pertama yang dilakukan guna mengatasi bibir yang menghitam ialah dengan cara menghilangkan lapisan kulit mati yang berada diatasnya.

Guna melakukan hal tersebut, anda bisa membuat scrub alami yang terbuat dari gula halus yang dicampur dengan madu, lidah buaya, ataupun minyak kelapa alami.

Setelah itu, Anda cukup mengusapkan scrub tersebut secara halus dengan gerakan melingkar kecil pada bibir selama kurang lebih 30 detik. Setelah dirasa cukup, Anda bisa membersihkanya.

Anda juga bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan kain atau sikat gigi yang telah dibasahi olehnya.

Exfoliasi dilakukan guna membantu menstimulasi produksi kolagen baru dan mengembalikan keremajaan bibir.

Gunakan kain serta sikat gigi dengan bahan yang lembut agar nantinya tidak melukai bibir Anda. Anda bisa menggunakan sikat gigi yang dipakai oleh bayi.

Lakukan pijatan kecil

Warna alami yang terdapat pada bibir Anda dipengaruhi oleh pembuluh darah yang mengalir di bawahnya.

Guna mendapatkan warna alami tersebut, cobalah untuk melakukan pijatan kecil pada bagian tersebut guna meningkatkan aliran darah.

Gosokkan es batu selama satu atau dua menit, tepuk-tepuk pelan dengan handuk bersih, dan oleskan pelembab. Cara ini juga membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada bibir.

Berhenti merokok

Pada umumnya, mereka yang memiliki kebiasaan merokok memiliki bibir hitam. Hal ini karena pembuluh darah yang terdapat dibawah bibir terganggu oleh nikotin yang terkandung didalam rokok.

Anda pun tentu tahu cara yang paling ampuh dan efektik guna mengatasi bibir hitam akibat dari merokok bukan? Ya! Berhenti merokok.

Selain merokok, bibir hitam juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan lain seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

Bagikan artikel ini

8 comments

  1. waduh kayaknya susah deh klo ane menghilangkan kebiasaan menjilat bibir ( bibir ane maksudnya :v)

    ReplyDelete
  2. waduh ane kayanya susah meninggalan atau berhenti merokok :v haha tapi saya coba terlebih dahulu agar memerah bibir nya seperti awal :D

    ReplyDelete
  3. Lumayan nih tipsnya, lumayan buat cewek ane. kan enak punya cewek bibir mengoda :)

    ReplyDelete
  4. Haha lumayan juga nih :D

    ReplyDelete
  5. yang terakhir yang paling susah :D

    ReplyDelete
  6. saya paling suka yg bikin scrup dr gula pasir itu. manis tapi bisa mengangkat lapisan kulit yang sudah waktunya diganti hehee

    ReplyDelete