Tips dan Cara Mengatasi Masalah Perut Buncit - eHealthy Lifes

10 July 2015

Tips dan Cara Mengatasi Masalah Perut Buncit

Tips dan cara mengecilkan perut buncit — Badan gemuk belum tentu merupakan suatu tanda penyakit atau masalah kondisi kesehatan tertentu. Nyatanya, terdapat sejumlah orang yang memiliki badan gemuk namun kondisi kesehatan tubuhnya dalam keadaan yang baik.

Di satu sisi, justru terdapat sebagian orang yang tidak berbadan gemuk namun memiliki masalah metabolik yang berhubungan dengan obesitas.

Namun tidak sedikit pula orang yang mengeluhkan tentang keadaan tubuh atau fisik, salah satunya ialah masalah perut buncit. Perut buncit bisa saja terjadi karena bukan lemak yang tersebar di seluruh tubuh, melainkan lemak di perut lah yang jadi masalah terbesar.

Oleh karen itu, jika Anda memiliki kelebihan lemak di sekitar area pinggang dan perut walaupun tidak tergolong gemuk, maka Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk menyingkirkannya jika memang Anda menginginkan hal tersebut.

Tips dan Cara Mengecilkan Perut Buncit


Masalah Perut Buncit
Image via flickr.com

Biasanya, banyaknya lemak perut dapat diperkirakan berdasarkan ukuran lingkar pinggang. Cara mengukurnya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan pita meteran pengukur biasa.

Setelah dilakukan pengukuran dan apabila hasil ukuran lingkar pinggang diatas 102 cm (pada pria) dan 88 cm (pada wanita), maka ukuran tersebut termasuk kedalam golongan obesitas abdominal (perut buncit).

Bagi Anda yang memiliki masalah perut buncit, mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah perut buncit. Berikut tips dan cara mengatasi masalah perut buncit yang bisa Anda lakukan :

Hindari Makanan dan Minuman yang Diberi Pemanis Tambahan

Pemanis atau gula tambahan diketahui sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terdapat sejumlah studi yang menunjukkan bahwa gula memiliki efek berbahaya yang unik pada kesehatan metabolik.

Gula terdiri dari sebagian glukosa dan sebagian lagi fruktosa. Fruktosa hanya dapat di-metabolisme oleh hati dalam jumlah yang signifikan.

Apabila terlalu banyak mengkonsumsi gula pasir dengan cara menambahkanya sebagai pemanis tambahan, maka organ hati akan dibanjiri dengan fruktosa, dan terpaksa mengubahnya menjadi lemak.

Beragam penelitian yang telah dilakukan pun menunjukan bahwa kelebihan gula di dalam tubuh, dimana kebanyakannya adalah fruktosa, bisa memicu penumpukan lemak di perut.

Selain gula pasir, ternyata gula cair lebih berbahaya karena kalori dari gula cair tidak dideteksi oleh otak sebagaimana halnya kalori gula padat. Sehingga, ketika Anda minum minuman manis, Anda seringkali makan lebih banyak total kalori.

Penelitian lain juga menunjukan bahwa minuman manis erat kaitanya dengan 60% peningkatan risiko obesitas pada anak. Konsumsi gula yang berlebih bisa jadi penyebab utama penumpukan lemak perut, terutama minuman manis seperti soft drink dan jus buah yang diberi gula tambahan.

Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi paling penting dalam cara mengecilkan perut ini. Protein sanggup mengurangi 60% hasrat ingin makan, meningkatkan metabolisme sebanyak 80-100 kalori per hari, serta membantu mengurangi konsumsi hingga 441 kalori setiap harinya.

Oleh karena itu, jika Anda berniat mengurangi berat badan Anda, maka menambahkan protein dalam menu makanan mungkin merupakan cara paling ampuh yang patut dilakukan.

Protein tidak hanya mengurangi lemak, tapi protein juga dapat membantu mencegah kenaikan berat badan kembali jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk berhenti melakukan diet.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak perut. Dari penelitian tersebut dapat di artikan bahwa, orang yang mengkonsumsi protein yang berkualitas dipastikan lemak perutnya lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu, penelitian lain yang dilakukan di Denmark menunjukan bahwa protein hewani berhubungan dengan pengurangan risiko penumpukan lemak perut selama periode waktu 5 tahun. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sayuran dan buah-buahan bermanfaat untuk mengecilkan perut.

Karenanya, usahakanlah untuk meningkatkan asupan protein dengan cara mengkonsumsi telur, ikan, daging merah, daging unggas, dan produk susu yang sesuai dengan Anda.

Sejumlah makanan tersebut merupakan sumber terbaik protein dalam menu makanan. Mengkonsumsi protein yang cukup merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang paling efektif.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Banyak penelitian terkait masalah perut buncit yang menyarankan untuk menghindari atau setidaknya mengurangi asupan karbohidrat. Ketika Anda mengurangi porsi karbohidrat, nafsu makan jadi menurun dan berat badan pun akan ikut berkurang.

Terdapat sejumlah studi yang membandingkan antara diet rendah lemak dan diet rendah karbohidrat. Dari hasil studi tersebut menunjukan bahwa diet rendah karbohidrat secara khusus menargetkan pengurangan lemak di sekitar perut dan organ-organ dalamnya.

Jadi, Anda sama sekali tidak perlu membatasi semua jenis karbohidrat, hanya dengan menghindari karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, mie, dll. sudah cukup banyak mengurangi porsi karbohidrat sekaligus lemak perut.

Tips dan Cara Mengatasi Masalah Perut Buncit
Image via flickr.com

Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Banyak orang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak serat bisa mengurangi berat badan. Namun sayangnya, tidak semua serat sebanding dengan manfaat yang didapat.

Serat yang efektif dalam mengatasi masalah perut buncit adalah serat viskos. Serat viskos merupakan serat yang mengikat air dan membentuk gel tebal yang terletak di dalam usus. Serat viskos ini diketahui merupakan salah satu serat yang paling berefek pada berat badan.

Gel tebal tersebut secara dramatis mampu memperlambat pergerakan makanan menuju lambung dan usus kecil, sekaligus memperlambat pencernaan serta penyerapan nutrisi. Sehingga nantinya akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

Cara terbaik untuk mendapatkan banyak serat ialah dengan memakan banyak buah-buahan serta sayuran. Kacang-kacangan dan sereal gandum utuh juga merupakan sumber serat yang bagus.

Olahraga Aerobik Efektif Mengecilkan Perut

Olahraga tetap menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin memiliki hidup sehat dan bebas dari beragam jenis penyakit yang berbahaya.

Salah satu olahraga yang baik dalam mengatasi masalah perut buncit ialah olahraga jenis aerobik. Olahraga jenis aerobik diyakini membantu mengurangi lemak perut dalam jumlah yang besar. Olahraga jenis ini diantaranya adalah jalan kaki, lari, berenang, dan bersepeda.

Latihan aerobik — adalah jenis latihan (misalnya, berlari, berenang) yang membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok otot dengan oksigen.

Sebuah studi menunjukan bahwa olahraga dapat mengecilkan perut sekaligus mencegah kembalinya penumpukan lemak di perut. Ini menyiratkan bahwa olahraga sangat penting dilakukan apabila Anda ingin mempertahankan bentuk dan berat badan yang optimal.

Olahraga sangat efektif dalam usaha mengecilkan perut. Selain itu, olahraga juga memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya.

Demikian tips dan cara mengecilkan perut buncit yang dapat Anda ikuti. Semoga bermanfaat dan sehat selalu :)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda