6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok - eHealthy Lifes

02 July 2015

6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Cara mudah mengatasi rambut rontok — Mengatasi rambut rontok, baik itu parah ataupun sedang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Saking banyaknya orang yang mengalami kerontokan pada rambutnya, bahkan industri perawatan rambut rontok di Amerika Serikat mampu meraup 1 juta USD per tahun.

Banyak hal dan cara yang dilakukan oleh banyak orang dalam mengatasi rambut rontok. Baik itu menggunakan shampo, kondisioner, atau bahkan sampai melakukan perawatan khusus di salon atau klinik kecantikan.

Rambut Rontok, Sedang dan Parah
Image via flickr.com
Sayangnya, seringkali perawatan yang dilakukan untuk mengatasi rambut rontok itu justru malah semakin mempercepat kerontokan yang dialami oleh rambut.

Jadi, Apa saja sebenarnya yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan guna mengatasi rambut rontok, baik itu rambut rontok parah ataupun sedang? Berikut uraianya.

1. Jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Rambut merupakan salah satu jaringan tumbuh yang masih menjadi bagian dari tubuh. Jadi, jika Anda ingin mengatasi rambut rontok, tentunya Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Misalnya saja, Anda punya tumbuhan yang belum berbunga. Tapi Anda ingin sekali tumbuhan tersebut segera mempunyai bunga.

Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya?
Tentunya Anda akan memberikan pupuk bukan?

Pupuk tersebut akan Anda berikan tidak hanya pada pucuknya, melainkan Anda juga memberikan nutrisi untuk seluruh pohonya agar tumbuhan tersebut dapat menumbuhkan bunganya dengan baik.

Baca juga : Makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Demikian pula halnya dengan rambut. Apa yang Anda makan, apakah Anda stres, apakah Anda berolahraga, itu semua bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut.

2. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan gula

Guna mengatasi masalah rambut rontok, Anda membutuhkan zink (zinc) yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Zinc (seng) adalah sebuah mineral penting dengan berbagai fungsi dalam tubuh manusia. Zinc merupakan komponen dari lebih dari 300 enzim yang diperlukan untuk memperbaiki luka, mempertahankan kesuburan pada orang dewasa dan pertumbuhan pada anak-anak, mensintesis protein, membantu sel bereproduksi, mempertahankan visi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi terhadap radikal bebas.

Zinc dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memanfaatkan tembaga, mineral penting lainnya. Kemampuan untuk mengganggu tembaga ini membuat terapi zinc penting bagi penderita penyakit Wilson, suatu kondisi genetik yang menyebabkan kelebihan tembaga — kamuskesehatan.com

Oleh karena itu, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, maka kadar zink dalam tubuh Anda akan berkurang. Sehingga pertumbuhan rambut Anda menjadi terhambat.

Selain itu, mengkonsumsi gula terlalu banyak juga dapat menghasilkan zat glycation, yang cenderung bersifat merusak protein.

Glycation adalah proses yang terjadi saat gula memasuki tubuh dan memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh termasuk untuk kulit Twitter, @blogdokter #twitkes

Tentunya hal ini memiliki dampak yang buruk karena dapat mempercepat proses penuaan sel, dan hal itu juga bisa menyebabkan kekeringan pada kulit kepala serta kerontokan pada rambut.

3. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari berlebih

Jika paparan sinar matahari yang berlebih bisa merusak kulit Anda, tentunya hal tersebut juga berlaku bagi kulit kepala Anda.

Dimana jika seseorang terkena paparan sinar matahari secara berlebihan, dapat membuat rambut orang tersebut menjadi kering dan rusak.

Karenanya, jika Anda termasuk orang yang seringkali beraktifitas diluar ruangan. Ada baiknya mengenakan penutup kepala seperti topi atau payung.

Bagi Anda yang muslim, tentu berhijab lah cara yang baik dalam melindungi rambut Anda dari paparan sinar matahari yang berlebih.

4. Memberikan perlindungan pada rambut ketika berenang

Chlorine yang terdapat di dalam air kolam dan garam yang terdapat di air laut diketahui dapat merusak rambut.

Chlorine merupakan zat golongan pestisida atau disinfektan yang dipakai untuk membunuh bakteri yang umumnya berpindah melalui udara (airborne bacteria) dan secara luas dipakai didalam pembersihan air minum, pembersihan kolam renang dan pabrik pembuatan kertas — Omri Samosir, kompasiana.com

Nah bagi Anda yang gemar berenang, terutama di kolam renang. Pasti Anda pernah merasakan betapa sulitnya menyisir rambut sesaat setelah Anda selesai berenang.

Oleh karena itu, gunakanlah kondisioner atau pelindung rambut lainnya sebelum Anda berenang. Selain itu, ada baiknya juga jika Anda mengenakan penutup kepala agar rambut Anda lebih terlindungi.

5. Potong rambut secara berkala


Mempertahankan Rambut Pendek
Image via flickr.com
Malah, jika perlu, pertahankan agar rambut Anda tetap pendek. Ini merupakan rekomendasi yang paling umum diberikan kepada orang yang ingin mengatasi rambut rontok.

Oleh karena itu, potonglah rambut Anda secara berkala, tergantung selera Anda. Mungkin bisa setiap lima, enam, atau delapan minggu sekali.

Hal ini dilakukan guna menghilangkan rambut yang pecah-pecah di bagian ujung rambut. Selain itu, jika rambut pendek Anda dipertahankan, maka rambut rontok akan berkurang saat disisir.

6. Jangan mengikat rambut terlalu ketat

Bagi mereka yang memiliki rambut panjang, mungkin akan terasa lebih nyaman dan bebas apabila rambutnya diikat. Bahkan beberapa dari mereka meyakini bahwa dengan mengikat rambut, maka rambut rontok akan berkurang karena rambut tidak terlalu banyak bergerak.

Padahal, mengikat rambut terlalu ketat hanya akan membuat rambut menjadi stres, bahkan patah dan cenderung rontok. Maka, salah satu cara paling efektif untuk mengatasi rambut rontok pada wanita adalah dengan tidak mengikatnya terlalu ketat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda