9 Penyebab Umum Sering Merasa Lelah - eHealthy Lifes

05 November 2014

9 Penyebab Umum Sering Merasa Lelah

Penyebab umum sering merasa lelah — Faktor kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari merupakan penyebab dari seringnya kita merasa lelah, letih dan hilangnya mood.

Guna menghindari hal tersebut kenali lah kebiasaan-kebiasaan kamu setiap harinya, bisa jadi beberapa di antaranya menjadi penyebab umum yang menjadikan kamu merasa lelah dan kurang energi.

9 Penyebab Umum Kenapa Kita Sering Merasa Lelah


Penyebab Sering Merasa Lelah
Image via time.com

Anemia

Anemia atau kurang darah merupakan penyebab yang cukup umum, dan untungnya kondisi ini dapat diketahui hanya dengan melakukan tes darah sederhana.

Hal ini seringkali terjadi pada wanita, terlebih bagi mereka yang mengalami periode menstruasi yang berat.

Guna menghindari hal ini, kamu bisa mengatasinya dengan memberikan asupan makanan yang kaya akan zat besi.

Misalnya; daging atau sayuran hijau dan mungkin suplemen jika memang itu diperlukan.

Depresi

Apabila kamu kehilangan nafsu makan, serta tidak tertarik melakukan aktifitas seperti biasanya dan merasa lelah yang disertai dengan rasa sedih berkepanjangan, kemungkinan kamu mengalami depresi.

Jangan terlalu lama tenggelam dalam keadaan tersebut. Cari teman untuk berbicara. Dokter, teman dan keluarga bisa membantu anda merasa lebih baik dan keluar dari keadaan depresi.

Diabetes

Kondisi diabetes yang tidak dikontrol menyebabkan energi tubuh kita cepat terkuras. Jika kamu kerap kali merasa lelah, pandangan mata kabur serta sering kali buang air kecil, disarankan agar kamu melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan berkonsultasi mengenai penanganannya.

Makanan & Minuman

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan gula sepanjang hari bisa membuat kamu merasa lebih lelah dari biasanya, karena level gula darah menjadi tidak stabil.

Cobalah menu makanan yang seimbang dan sehat, dengan menambahkan sayuran, buah serta protein ke dalam hidanganmu.

Selain itu, pola makan dan menu yang sehat akan memberikan manfaat kesehatan jauh lebih banyak dari apa yang bisa kamu bayangkan.

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan asupan makanan yang seringkali kita konsumsi setiap harinya agar tetap fit dan bersemangat setiap harinya.

Ganggguan Tidur

Gangguan tidur atau tidak memiliki tidur yang berkualitas akan berdampak buruk pada energi dan performa tubuh kita dalam melakukan kegiatan dan aktifitas sehari-hari.

Kenali beberapa macam gangguan tidur yang kamu miliki dan konsultasikan hal tersebut dengan ahlinya. Sebut saja insomnia, sleep apne, dan lain sebagainya.

Apalagi kalau kamu ketika tidur seringkali mendengkur, hal ini biasanya merupakan gejala dari sleep apnea dimana si penderita biasanya berhenti bernapas sesaat selama beberapa kali ketika sedang tidur,

Kekurangan Nutrisi Penting

Hal ini juga bisa dideteksi melalui tes darah. Kamu juga harus memberikan perhatian khusus pada asupan makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi penting yang baik bagi tubuh kamu seperti kalium.

Masalah Tiroid

Permasalahan pada kelenjar tiroid bisa menyebabkan energi kita mudah terkuras. Entah itu tiroid yang terlalu aktif atau bahkan kurang aktif sama-sama bisa menyebabkan masalah.

Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Olahraga

Olahraga tentu sangat baik bagi tubuh kita. Orang yang menyisihkan waktu untuk berolahraga akan lebih merasa tidak cepat lelah dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Namun jangan memberikan porsi olahraga yang berlebihan, dan harus selesai setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur.

Hal ini dilakukan agar tubuh kita mendapatkan waktu untuk pemulihan energi yang cukup selama tidur agar kamu lebih segar dan bugar keesokan harinya.

Para ahli menyarankan, setidaknya kita harus berolahraga selama 30 menit perhari, 3-4 kali dalam seminggu.

Dalam 3 minggu atau lebih, kamu akan merasakan peningkatan dan tidak lagi merasakan kelelahan ketika menjalankan aktifitas normal di waktu yang akan datang.

Akan tetapi, kalau kamu merasa sudah memiliki pola makan yang sehat, tidur yang cukup dan rutin berolahraga, namun masih merasa energi kamu selalu terkuras, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal lain yang mungkin penjadi penyebab cepat lelah berikutnya.

Penyebab Lain Kelelahan

Selain 3 penyebab paling umum di atas, kemungkinan lainnya adalah kondisi medis. Namun, jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa penyebab kelelahan kamu ini dikarenakan kondisi medis (penyakit) tertentu sebelum kamu benar-benar memperbaiki pola makan, pola tidur dan olahraga.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi kamu yang sangat mudah merasakan kelelahan setiap hari.

Tidur

Terkait masalah tidur, ternyata posisi tidur juga diketahui mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang.

Disamping itu, waktu tidur juga turut mempengaruhi performa dan energi kita sepanjang hari esok.

Tidak hanya energi, kurang tidur juga memberikan efek buruk pada mood, respon dan kreatifitas.

Jika itu penyebabnya, hindari kafein dan alkohol ketika mendekati waktu tidur. Matikan tv dan komputer, buatlah suasana kamar menjadi lebih tenang dan redup.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda