Cara Mudah Mengetahui Aman atau Tidaknya Pemutih Kulit - eHealthy Lifes

13 December 2014

Cara Mudah Mengetahui Aman atau Tidaknya Pemutih Kulit

Cara mudah mengetahui produk pemutih yang baik dan aman — Krim yang mengandung zat berbahaya berupa mercury pada umumnya dapat diidentifikasi melalui gejala keracunana metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

Gejala-gejala yang ditimbulkan akibat penggunaan produk yang berbahaya tersebut pada umumnya dapat mengakibatkan gejala seperti, pusing, mual-mual, gemetaran, susah tidur, mengalami gangguan penglihatan, dan emosi, serta menunjukan gejala depresi.

Guna menghindari hal tersebut, baiknya kita selalu selektif dalam memilih produk kecantikan.

Kalau perlu lakukan observasi terlebih dahulu mengenai produk kecantikan tersebut, kenali perusahaan pembuatnya, ketahui zat dan bahan yang terkandung di dalamnya dan bagaimana proses pembuatanya.

Dengan begitu, setidaknya kita bisa mengetahui produk tersebut baik digunakan atau tidak.

Oleh karena itu penting untuk di ingat sejumlah informasi berikut ini guna mengetahui baik atau buruknya suatu produk kecantikan yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

Cara Mengetahui Produk Kecantikan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kulit


Cara Mengetahui Aman Atau Tidaknya Produk Kecantikan
Image via popsugar.com

Dalam mengenali sejumlah produk kecantikan yang berbahaya bagi kesehatan kulit, Anda bisa memperhatikan sejumlah ciri berikut ini :

Tidak Memiliki Izin BPOM

Produk-produk berbahaya tentunya tidak mungkin masuk dalam daftar BPOM Indonesia. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengetahui aman atau tidaknya produk-produk kecantikan seperti krim wajah tersebut di melalui situs www.pom.go.id

Memiliki Warna yang Mengkilap

Umumnya, krim berbahaya memiliki warna yang lebih mencolok atau mengkilap dari krim lainya karena krim tersebut menggunakan zat pewarna yang berbahaya.

Terasa Lengket & Kasar

Beberapa produsen 'nakal' mencampurkan merkuri dengan bedak jerawat agar terlihat lebih encer dan saat digunakan akan terasa lengket apalagi jika diaplikasikan dengan bedak serta kulit juga akan terasa lebih kasar karena krim tersebut tidak bisa bercampur dengan baik dan merata.

Berbau Menyengat Seperti Logam

Krim yang memiliki bau tersebut sebaiknya dihindari dan dibuang apabila ternyata kamu memiliki salah satunya, bisa jadi krim tersebut berbahaya dan mengandung mercury.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah, banyaknya produsen 'nakal' yang menyamarkan bau logam mercury tersebut dengan menggunakan parfum.

Kulit Terasa Panas yang Disertai Rasa Gatal

Krim yang menggunakan zat kimia berbahaya pada umumnya akan langsung bereaksi jika bersentuhan dengan kulit, reaksi tersebut berbeda-beda pada setiap orang.

Namun umumnya, gejala yang ditimbulkan dari reaksi tersebut berupa gatal, perih dan terasa panas dikulit.

Iritasi pada Kulit dan Tampak Memerah

Kulit sendiri memiliki sistem perlindungan alami terhadap paparan sinar matahari. Namun, jika kulit terasa panas yang kemudian ditandai dengan gejala pada kulit yang tampak memerah, bisa jadi lapisan kulit kamu telah rusak disebabkan oleh krim yang mengandung zat berbahaya.

Kulit Tampak Pucat

Maksud hati ingin kulit putih bersih bersinar malah tampak pucat seperti mayat. Segera hentikan pemakaian krim tersebut apabila kamu mengalami hal serupa, kemungkinan krim yang kamu pakai mengandung zat yang berbahaya. Konsultasikan mengenai hal ini dengan dokter.

Menawarkan Hasil Instan

Pernah mendengar atau menjumpai sejumlah iklan yang menjanjikan kulit putih dalam tempo mingguan atau harian?

Sebaiknya jangan mudah percaya, telusuri dan cari informasi mengenai produk tersebut dan kenali kandungan yang ada pada produk kecantikan tersebut. Bisa saja krim tersebut mengandung zat berbahaya seperti mercury dan hydroquinon.

Membuat Ketergantungan

Ketika kita mengetahui bahwa krim yang kita gunakan mengandung zat berbahaya, dan seketika itu pula kita berhenti menggunakanya.

Maka, kemungkinan akan timbul jerawat kecil disertai rasa gatal, timbulnya bintik-bintik hitam di sebagian kulit wajah atau bahkan seluruhnya.

Tidak hanya itu, setelah kita berhenti menggunakan krim tersebut, yang tadinya wajah kita putih berseri, akhirnya akan tampak putih pucat seperti mayat.

Parahnya, efek yang ditimbulkan tersebut akan semakin terlihat dalam jangka waktu yang cukup lama, dimana warna putih berkat penggunaan produk kecantikan tersebut akan berubah menjadi sedikit keabu-abuan dan kemudian menghitam disebagian kulit wajah.

Selain itu, efek yang ditimbulkan dalam jangka panjang dari penggunaan krim tersebut dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh dan lebih parahnya kematian.

Oleh karena itu, guna mendapatkan produk kecantikan yang aman dan tentunya sesuai bagi Anda. Disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda