Ingin Kulit Wajah Anda Tetap Sehat dan Cantik? Hindari Kebiasaan Ini - eHealthy Lifes

15 January 2015

Ingin Kulit Wajah Anda Tetap Sehat dan Cantik? Hindari Kebiasaan Ini

Merawat kulit wajah agar tetap cantik dan sehat — Mempunyai wajah dengan kulit yang sehat dan juga cantik merupakan keinginan serta impian setiap wanita.

Sebagian dari mereka bahkan sampai mengeluarkan modal yang tak sedikit guna mendapatkan wajah yang di impikanya.

Namun tidak sedikit juga orang yang kurang menyadari sejumlah hal kecil yang turut memiliki andil dalam hal kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk wajah.

Hal kecil tersebut beberapa diantaranya terdapat pada kebiasaan yang sering dilakukan setiap harinya tanpa mereka disadari.

Justru hal kecil yang tidak disadari inilah yang nantinya memberikan efek yang cukup membuat upaya mendapatkan wajah dan kulit yang cantik itu pun terkesan kurang maksimal.

Tidak menutup kemungkinan, kebiasaan-kebiasaan yang tidak pernah Anda sadari ini bisa menimbulkan sejumlah masalah umum seperti timbulnya jerawat dan komedo, sampai masalah serius lainya seperti kerutan, penuaan dini, bahkan kanker.

Oleh karena itu, sebelum melakukan sejumlah perawatan tertentu, ada baiknya anda memperhatikan sejumlah kebiasaan berikut ini yang dapat merusak wajah Anda.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Kulit Pada Wajah


Hindari Kebiasaan yang Dapat Merusak Kulit Wajah
Image via pixabay.com

Hindari dan sebisa mungkin hentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak atau Anda sadari berikut ini guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal kesehatan dan kecantikan kulit pada wajah.

Kurang Minum Air Putih

Tidak hanya tubuh, kulit Anda pun memerlukan cairan yang cukup guna mempertahankan keremajaan dan keelastisitasanya.

Jika kulit Anda terlihat kering dan kusam, artinya kulit anda kekurangan asupan cairan.

Oleh karena itu, rajinlah meminum air putih dengan jumlah yang cukup sesuai dengan jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu 8 gelas untuk setiap harinya.

Karena dengan meminum air putih yang cukup, akan membantu tubuh dalam mengeluarkan racun serta membuat kulit wajah terlihat lebih segar.

Kurang Tidur

Ketika tidur, tubuh melakukan aktivitas tertentu, begitupun dengan kulit. Sel-sel yang terdapat di dalam kulit akan bekerja memperbaiki diri dari kerusakan.

Saat tidur, hormon yang bertugas untuk memperbaiki sel-sel tersebut akan diproduksi lebih banyak.

Oleh karena itu, jika Anda kurang tidur, proses perbaikan atau regenerasi kulit tersebut kurang berjalan dengan optimal yang mengakibatkan lapisan kulit menjadi lemah.

Selain itu, kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan Anda mengalami stres sehingga membuat kulit Anda terlihat kusam.

Malas Mengganti Sarung Bantal dan Sprei

Disamping kebersihan wajah yang harus diperhatikan, kebersihan tempat kita tidur pun harus ikut diperhatikan seperti halnya bantal dan juga kasur.

Setiap kali kita tidur, sejumlah sel-sel kulit mati, bakteri, keringat, minyak, serta sisa-sisa make up seringkali menempel pada bantal.

Apabila hal ini kurang diperhatikan dengan cara mengganti secara berkala sarung bantal dan juga sprei tersebut, maka sejumlah bakteri dan kotoran tersebut nantinya akan ikut terserap ke dalam kulit wajah saat Anda tidur dikemudian hari.

Tidur Tanpa Membersihkan Make Up

Ketika Anda mengenakan make up, sejumlah pori-pori pada kulit Anda akan tersumbat. Apabila hal ini terlupakan oleh Anda sampai waktu tidur pun tidak membersihkan make-up Anda, di mungkinan akan menimbulkan jerawat yang tentunya akan sangat mengganggu.

Padahal, ketika kita tidur, temperatur tubuh kita akan sedikit meningkat dari biasanya. Sehingga kulit dapat menyerap sisa-sisa make up yang tidak dibersihkan sebelumnya dan juga menyerap kotoran lebih cepat.

Malas Mencuci Spon dan Kuas Make Up

Sebagian orang seringkali mengabaikan kebersihan dari alat-alat make up yang digunakanya. Padahal, sejumlah bakteri dan juga kotoran dapat menumpuk pada spons dan juga kuas make-up yang jarang dan tidak pernah dibersihkan. Sehingga nantinya bisa mengakibatkan timbulnya jerawat, komedo, bahkan infeksi.

Oleh karena itu, rajinlah membersihkan alat make-up seperti spons dan kuas secara berkala. Anda bisa menggunakan brush cleaner ataupun sampo yang lembut untuk membersihkanya. Bersihkan setidaknya minimal sekali dalam seminggu serta keringkan selama semalam.

Hidari meminjam ataupun meminjamkan alat make-up kepada orang lain guna menghindari penyebaran akan hal-hal yang tidak di inginkan seperti infeksi.

Membersihkan Wajah dengan Air Panas

Tidak sedikit dari mereka yang memilih membersihkan wajah dengan menggunakan air panas. Memang, membersihkan wajah dengan menggunakan air panas dapat membuka pori-pori pada wajah.

Namun jika air yang digunakanya terlalu panas, justru dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada wajah.

Sehingga nantinya akan membuat wajah tampak kering dan memerah yang disertai dengan rasa gatal.

Oleh karena itu, jika ingin membersihkan wajah dengan menggunakan air panas, bersihkanlah dengan menggunakan air hangat-hangat kuku. 

Terlalu Sering Membersihkan Wajah dan Melakukan Exfoliating

Memang penting sekali untuk selalu membersihkan wajah dan melakukan exfoliating atau pengelupasan kulit.

Namun, jika melakukannya secara rutin dan terbilang cukup sering justru bisa membuat kulit Anda tampak kering dan memerah serta menimbulkan iritasi.

Jika ingin melakukan exfoliating, baiknya lakukan setiap satu minggu sekali jika memiliki jenis kulit yang kering, dan bagi yang memiliki kulit berminyak, baiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Hindari exfoliator atau scrub yang terlalu kasar karena bisa menyebabkan peradangan.

Hobi Memencet Jerawat dan Memegang Wajah

Anda mungkin suka gatal ingin mengeluarkan bintil putih dari dalam jerawat. Namun jika Anda ingin kulit tetap mulus, lebih baik tahan niat tersebut.

Memencet jerawat dengan tangan kotor justru dapat meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Selain itu, kurangi dan jika bisa hindari kebiasaan sering menggaruk atau memegang wajah. Hal ini penting untuk tidak dilakukan karena ketika anda terlalu sering menggaruk atau memegang wajah bisa menyebabkan kotoran di tangan berpindah dan menempel di kulit wajah Anda.

Merokok

Semua orang juga tahu akan dampak negatif dari kebiasaan merokok, apalagi dampaknya bagi kesehatan kulit.

Ketika merokok, enzim matrix metalloproteinases yang dapat merusak kolagen akan terbentuk. Hingga akhirnya akan mengakibatkan keriput, noda hitam, dan memudahkan munculnya garis-garis halus meskipun di usia muda.

Selain itu, merokok juga menganggu proses peremajaan sel kulit karena aliran darah terhambat. Seperti yang kita ketahui, dengan kebiasaan merokok ini dapat meningkatkan dan bahkan kemungkinan akan resiko terkena kanker lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak, terutama kanker kulit.

Meminum Alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa mengakibatkan dehidrasi pada kulit serta akan membuat kulit kehilangan minyak alaminya.

Disamping itu, kulit yang tadinya tampak segar akan semakin terlihat layu dan lambat laun akan muncul garis-garis halus serta keriput.

Efek lain yang ditimbulkan dari konsumsi alkohol yang berlebihan ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga kulit wajah tampak merah dan mudah sekali tumbuh jerawat.

Melakukan Waxing pada Wajah

Bagi sebagian wanita, adanya bulu-bulu halus atau bahkan kumis pada bagian wajah mungkin dapat menurunkan kepercayaan dirinya.

Oleh karen itu, mereka cenderung membersihkan bulu halus atau kumis tersebut dengan melakukan waxing.

Namun, melakukan waxing untuk menghilangkan bulu-bulu halus atau kumis tersebut tidak disarankan oleh para ahli dermatologis.

Waxing justru dapat merusak kulit wajah serta menimbulkan keriput, infeksi, dan peradangan yang sulit diobati. Gunakanlah metode laser untuk membersihkanya jika anda merasa harus menghilangkanya.

Salah Produk

Tidak sedikit dari mereka para wanita yang mudah sekali terbuai oleh iklan kosmetik atau produk kecantikan dan juga pembersih wajah yang menawarkan hasil menakjubkan dalam waktu yang relatif instan. Nyatanya, tidak semua produk tersebut cocok untuk sejumlah jenis kulit.

Jika anda menggunakan produk tertentu dan kulit anda malah tampak terlihat kering dan terasa gatal disertai iritasi, besar kemungkinan produk tersebut tidak cocok bagi kulit Anda.

Oleh karena itu, sebelum membeli dan menggunakan produk tertentu, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya guna mendapatkan produk yang tepat.

Menempelkan Ponsel ke Wajah

Ketika sedang asik bermalas-malasan di hari libur, entah itu tiduran, nonton televisi dan lain sebagainya.

Terkadang sebagian dari kita tidak bisa lepas dari yang namanya ponsel. Apalagi jika ada telpon dari seseorang yang special, ponsel pun akan terus nempel di telinga.

Terkait ponsel itu sendiri, terdapat sebuh penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa, ponsel memiliki lebih banyak bakteri dibandingkan dengan dudukan toilet.

Tentunya Anda tidak ingin kan bakteri-bakteri yang terdapat pada ponsel tersebut berpindah ke wajah Anda? Oleh karena itu, hindari kebiasaan menempelkan ponsel ke wajah saat menelpon.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda