Tips Sehat dan Cara Sederhana Merawat Kulit Agar Tetap Segar - eHealthy Lifes

30 May 2015

Tips Sehat dan Cara Sederhana Merawat Kulit Agar Tetap Segar

Cara merawat kulit — Sahabat sehat, jangan cemas dengan padatnya aktivitas Anda sehari-hari hingga tidak memiliki waktu untuk memperhatikan dan merawat kulit Anda secara rutin, baik itu pergi ke salon ataupun klinik kecantikan.

Tanpa itu pun, Anda tetap bisa merawat dan memanjakan kulit Anda dengan memperhatikan serta melakukan sejumlah hal sederhana yang akan kita bahas dalam artikel kulit dan kecantikan berikut ini.

Cara Sederhana Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit


Cara Sederhana Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit
Image via pixabay.com

Guna mendapatkan kulit yang sehat, lakukanlah sejumlah perawatan sederhana berikut ini :

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Seperti yang kita ketahui, sinar ultraviolet yang terpancar dari paparan sinar matahari yang berlebihan memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan kulit seseorang.

Efek yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari yang berlebihan ini bisa menimbulkan bintik-bintik bibit penuaan, kerutan, juga turut meningkatkan resiko terkena kanker kulit, serta sejumlah masalah kulit lainya.

Paparan sinar matahari yang penting untuk dihindari yaitu antara jam 11 siang sampai jam 4 sore.
Tentu terasa sekali bukan panasnya terik matahari di jam-jam tersebut?

Guna meminimalisir serta menghindari permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan tabir surya yang mengandung minimal 15 SPF.

Gunakanlah tabir surya setiap 2 jam sekali ketika Anda banyak dan terbilang lama melakukan kegiatan diluar ruangan. Gunakan lebih sering apabila Anda selalu berkeringat ataupun sedang berenang.

Selain itu, jika Anda termasuk orang yang sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, sebaiknya kenakan pakaian tertutup yang mampu melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet.

Jangan Merokok serta Hindari Asap Rokok

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa rokok merupakan sumber dari berbagai macam penyakit dan juga masalah. Efek yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok bagi kulit pun sangatlah serius seperti, kulit akan tampak lebih tua dan menimbulkan kerutan.

Selain itu, merokok juga dapat menyempitkan pembuluh darah kecil pada lapisan terluar kulit yang mengakibatkan aliran darah ikut menurun. Sehingga membuat kulit Anda sulit untuk mendapatkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan guna menjaga kesehatan kulit.

Elastin yang membuat kulit Anda elastis serta kolagen yang memberikan kekuatan bagi kulit pun akan ikut rusak akibat merokok.

Mengatur Pola Makan/Diet yang Sehat

Meskipun hubungan antara pola makan dan jerawat masih belum jelas, namun terdapat sejumlah penelitian yang menunjukan bahwa, diet yang kaya akan asupan vitamin C dan rendah akan lemak mampu membuat kulit tampak lebih muda dan segar.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi sejumlah sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan juga protein yang bebas lemak.

(baca juga : Makanan yang Mampu Membuat Kulit Sehat, Cantik, dan Terawat)

Perlakukan Kulit Anda dengan Lembut

Jangan terlalu sering bercukur dan membersihkan kulit, jika hal tersebut dilakukan setiap hari dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, guna menjaga kulit Anda agar tetap sehat, biasakan setiap hari untuk :

1. Membatasi dan Mengatur Waktu Mandi
Berlama-lama di bawah shower atau waktu mandi yang terlalu panjang bisa menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit. Oleh karena itu, usahakanlah untuk membatasi dan mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk mandi.

2. Hindari Menggunakan Sabun yang ‘Terlalu Kuat’
Gunakanlah sabun mandi dengan jenis mild cleanser (pembersih ringan). Karena penggunaan sabun mandi yang terlalu kuat, yaitu sabun yang mengandung banyak deterjen dapat mengikis minyak alami yang terdapat pada kulit Anda.

3. Mencukur dengan Hati-Hati
Dalam mencukur rambut yang terdapat pada bagian tubuh tertentu haruslah hati-hati, biasakan mencukur rambut searah dengan arah tumbuhnya rambut tersebut. Guna melindungi kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum mencukur guna melumasi kulit Anda.

4. Mengeringkan Kulit
Setelah selesai mandi, baiknya keringkan kulit dengan cara menepuk-nepuk kulit secara lembut dengan menggunakan handuk. Hal ini dilakukan guna menjaga kelembaban kulit agar tidak langsung hilang setelah mandi.

5. Melembabkan Kulit yang Kering
Gunakan moisturizer (pelembab kulit) jika kulit Anda kering. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan untuk menggunakan jenis pelembab yang mengandung SPF.

Bagikan artikel ini

2 comments

  1. Izin share ke pacar ya mba susi hehehe.
    Makasih tipsnyaa.

    Visit balik ya ke www.indoclaza.blogspot.com

    Thanks,

    ReplyDelete