Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Hitam Pada Wajah - eHealthy Lifes

04 June 2015

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

Penyebab dan cara mengatasi flek hitam — Hiperpigmentasi atau biasa dikenal dengan flek hitam ialah suatu kondisi yang terjadi pada area kulit tertentu menjadi tampak menggelap.

Flek merupakan noda atau bercak berwarna coklat atau kehitaman, biasanya simetris dan umumnya terdapat pada bagian wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan.

Meskipun pada umumnya flek hitam ini seringkali muncul pada bagian wajah, namun sebenarnya, flek hitam pun bisa muncul di beberapa bagian tubuh tertentu seperti pada bagian tangan dan leher.

Bila bentuk fleknya besar disebut sebagai melasma, bila bentuk titik-titik disebut sebagai freckles atau ephelides. Flek bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah.

Walaupun sebenarnya bercak-bercak hitam ini tidaklah berbahaya, namun akan sangat mengganggu dan tentunya menjadi ketakutan tersendiri bagi kita para wanita yang menginginkan kulit mulus dan bersih tanpa adanya noda.

Flek hitam ini biasanya akan muncul saat melanin, pigmen penentu warna kulit, diproduksi berlebihan oleh sel melanosit. Selain itu, flek hitam juga biasa muncul akibat dari produksi atau distribusi sel melanosit yang tidak wajar (abnormal).

Oleh karena itu, mari kita lihat sejumlah hal yang menyebabkan munculnya flek hitam terutama pada bagian wajah.

Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah Anda


Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah
Image via flickr.com

Tanpa memandang jenis kulit seseorang, hiperpigmentasi atau flek hitam ini bisa di alami oleh siapapun. Tentunya setiap permasalahan pasti ada penyebabnya, seperti halnya masalah munculnya flek hitam ini. Berikut sejumlah penyebab munculnya flek hitam pada wajah :

Pengaruh Sinar Ultra Violet

Salah satu faktor utama yang menyebabkan hiperpigmentasi pada wajah anda adalah sinar matahari. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat mempengaruhi produksi melanin secara langsung.

Pada dasarnya, melanin merupakan tabir surya alami yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit kita dari radiasi yang dipancarkan oleh sinar ultra violet.

Tetapi, jika kulit kita terkena paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengakibatkan terganggunya produksi melanin sehingga dapat mengakibatkan hiperpigmentasi.

Faktor Usia

Ketika usia seseorang bertambah, kemampuan kulit dalam memperbaharui atau beregenerasi akan berkurang. Oleh karena itu, bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun apabila terkena paparan sinar matahari yang terakumulasi dapat menimbulkan solaris lentigo (bercak atau noda kecil berwarna kecoklatan yang terdapat pada kulit akibat peningkatan jumlah melanoist).

Lentigo adalah bercak atau noda kecil berwarna kecoklatan pada kulit yang terjadi akibat peningkatan jumlah melanosit. Penyebaran lentigo umumnya berbentuk linear (garis lurus) -erha.co.id

Bercak-bercak ini memiliki sejumlah warna yang bervariasi, mulai dari warna cokelat terang hingga hitam menyerupai liver. Sehingga sering disebut juga sebagai liver spot.

Terjadi Perubahan pada Hormon

Ialah melasma atau kloasma, flek hitam yang muncul akibat dari fluktuasi (ketidak tetapan) hormon.
Bercak ini diduga terbentuk karena hormon estrogen dan progesteron dapat menstimulasi produksi melanin secara berlebihan saat terpapar sinar matahari.

Pada wanita yang sedang hamil, melasma seringkali terjadi. Melasma itu sendiri merupakan hiperpigmentasi yang didapati terutama di daerah-daerah yang terpapar sinar matahari.

Selain itu, kondisi serupa juga dapat dialami oleh sejumlah wanita menopause, mereka yang mengkonsumsi pil KB, penderita disfungsi tiroid, atau mereka yang sedang menjalani terapi hormone.

Hiperpigmentasi Pasca Peradangan pada Kulit

Hiperpigmentasi yang timbul pasca perdanngan kulit ini misalnya terjadi setelah mendapat luka, psoriasis, terbakar, eksim, jerawat, atau melakukan waxing. Selain itu, penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan "keras" juga bisa mengakibatkan munculnya flek hitam.

Penggunaan Parfum

Sejumlah parfum yang mengandung fotosensitizer dapat membuat kulit lebih peka terhadap sinar matahari. Seperti misal, bergamot oil yang digunakan oleh 1/3 parfum dan cologne di dunia.

Flek hitam yang disebut berlock dermatitis dapat muncul saat kulit Anda terkena parfum dan segera terpapar sinar matahari.

Guna meminimalisir munculnya flek hitam akibat dari penggunaan parfum, gunakanlah parfum pada baju Anda, bukan di wajah, leher, atau bagian kulit lainnya. Selain itu, usahakan untuk memilih parfum yang mengandung sedikit fotosensitizer.

Akibat dari Polusi

Jika anda memiliki sejumlah flek berwana kemerahan dibagian wajah dan menetap di kota besar, besar kemungkinan flek tersebut muncul akibat dari polusi.

Flek tersebut berkembang karena sel-sel kulit memproduksi antioksidan dan mengeluarkan melanin berlebih untuk mencegah kerusakan akibat polutan.

Faktor Genetik

Terakhir adalah faktor genetik atau keturunan, diketahui faktor yang satu ini mempengaruhi jumlah melanin pada kulit. Misalnya saja, orang berkulit gelap memiliki melanin alami yang lebih tinggi sehingga berisiko mengalami hiperpigmentasi lebih besar dibanding mereka yang tidak.

Melasma dan PIH juga cenderung lebih banyak terjadi pada pemilik kulit gelap. Meski demikian, hiperpigmentasi jenis freckles lebih mudah terlihat pada orang dengan kulit terang dibanding mereka yang berkulit gelap.

Lalu, bagaimana cara mengatasi flek hitam?

Usaha untuk mengatasi flek diwajah sebenarnya tidak bersifat instan sehingga dibutuhkan ketekunan dalam mengabungkan perawatan wajah sehari-sehari.

Tentunya perawatan tersebut harus disesuaikan dengan jenis kulit (normal, berminyak, kering / sensitif) dengan perawatan khusus secara kosmetik medis.

Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek bisa Anda mulai dengan mengenakan masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang berguna untuk mencerahkan wajah.

Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah.

Dengan teknologi kecantikan medis modern saat ini, flek bisa cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

Masker yang biasa digunakan untuk mengurangi keluhan flek adalah masker bengkuang atau mentimun, kita blender bengkoang atau mentimun, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar.

Gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tidak diperhatikan, bisa saja kulit wajah akan gatal-gatal.

Gunakan masker secara rutin sebanyak satu kali seminggu selama 10 kali pemakaian rutin, biasanya dapat memudarkan flek diwajah.

Selain menggunakan masker bengkoang atau mentimun secara rutin, bisa diupayakan dengan menggunakan rendaman teh semalaman, lalu besoknya usap air rendaman teh ke wajah dan biarkan kering sendiri, setelah itu basuh dengan air hangat.

Irisan jeruk nipis yang di pakai merata diwajah juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka, setelah itu bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Untuk kesempurnaan dalam mengatasi flek wajah, kombinasikan perawatan sehari-hari diatas dengan konsultasikan ke ahli kecantikan medis sehingga perawatan bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan berat ringan keluhan flek kamu saat ini.

Bagikan artikel ini

1 comment

  1. stju sekali, selain dengan bahan alami kita harus mencoba berkonsultasi ke dokter ahli, karena terkadang dokter masukan-masukan yang bagus untuk kita.

    ReplyDelete