Khasiat dan Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh - eHealthy Lifes

02 May 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat buah stroberi bagi kesehatan — Buah stroberi (baca : strawberries) atau sebagian orang mengenalnya dengan nama buah arbei, adalah buah yang sangat banyak di minati oleh banyak orang hingga membuat buah yang memiliki aroma khas dengan warna merah menggodanya ini sangat populer di dunia.

Bentuk dan rasa khas yang dimiliki buah stroberi ini membuatnya banyak dikonsumsi dengan berbagai. Seperti, dijadikan bahan campuran dari sop buah, jus, manisan, hingga es krim.

Kenapa buah yang satu ini begitu populer dan banyak disukai?
Salah satu alasan buah stroberi ini banyak disukai dan begitu populer, adalah karena manfaat yang dimilikinya serta nutrisi yang terkandung di dalamnya bagi kesehatan tubuh kita.

Apa Saja Nutrisi yang Terkandung di Dalam Buah Stroberi?


Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh
Image via commons.wikimedia.org

Selain jeruk, buah stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh dan juga rendah akan lemak jenuh, kolestrol dan sodium.

Dalam satu buah stroberi, terkandung sumber mineral potas, mangan, dan iron yang cukup baik, ditambah dengan beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E.

Tidak hanya itu, buah stroberi juga mengandung flavonoids, phenolic acids dan fisetin dengan tingkat kandungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah lain yang sejenis.

Menurut para ahli, kandungan yang dimiliki oleh buah stroberi bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dan mampu meminimalisir efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh.

Apa Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh?

Seperti yang kita ketahui, buah stroberi memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Setiap kandungan nutrisi memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita.

Karenanya, berikut saya rangkum sejumlah manfaat yang dimiliki buah stroberi bagi kesehatan tubuh anda.

Antioksidan

Ialah antosianin (baca : anthocyanin), salah satu jenis turunan dari senyawa kimia yang disebut fenol. Dimana senyawa ini biasanya digunakan sebagai komponen utama dalam antiseptik.

Kandungan senyawa ini lah yang membuat buah stroberi berwarna merah terang dengan rasanya yang khas.

Dengan adanya senyawa antosianin, kadar asam urat yang terdapat di dalam tubuh kita akan meningkat dan berperan sebagai penyalur antioksidan dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Buah stroberi sangat rendah akan kalori dan lebih banyak mengandung serat yang tinggi. Serat yang terkandung di dalam buah stroberi dapat membantu menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan anda.

Selain itu, buah stroberi juga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan juga mampu menurunkan tekanan darah.

Secangkir sajian stroberi dengan takaran kurang lebih 255 gram, dapat memenuhi lebih dari 13% asupan serat harian yang disarankan bagi tubuh.

Oleh karena itu, buah stroberi bisa menjadi pilihan anda dalam memaksimalkan diet yang sedang anda jalani.

Kesehatan mata

Alasan utama yang seringkali terjadi bagi mereka yang memiliki permasalahan dengan mata adalah karena radikal bebas dan juga kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh mata selain dari faktor bertambahnya usia terkait penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Penelitian menyatakan bahwa, mengkonsumsi tiga buah atau lebih buah stroberi setiap harinya dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia hingga sepertiganya.

Karenanya, mengkonsumsi buah stroberi sangat di anjurkan guna menjaga kesehatan mata. Dimana kandungan vitamin C serta flavanoid yang terdapat di dalam buah stroberi berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan masalah mata tersebut.

Kesehatan tulang

Buah stroberi baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang anda, karena buah stroberi mengandung unsur mineral potasium, magnesium, dan vitamin K yang diperlukan oleh tulang.

Mengurangi Peradangan

Bagi anda yang memiliki gangguan inflamasi atau peradangan seperti asma dan peradangan pada sendi (osteoarthritis). Buah stroberi adalah pilihan yang baik bagi anda guna mengurangi peredangan.

Hal ini karena, buah stroberi mengandung senyawa fenol yang dapat menghambat enzim siklooksigenase (COX), dengan cara yang sama yang dilakukan obat aspirin dan ibuprofen.

Anda tidak perlu khawatir. Karena stroberi, bagaimanapun, tidak membawa efek samping yang tidak diinginkan seperti gangguan pada pencernaan.

Anti-kanker

Buah Stroberi dikenal mampu melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini karena adanya kombinasi antara antioksidan dan anti-inflamasi (peradangan) yang terkandung di dalam buah stroberi.

Semoga artikel tentang manfaat buah stroberi bagi kesehatan tubuh ini bermanfaat bagi anda.
Selamat hidup sehat :)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda