Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh - eHealthy Lifes

24 May 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat buah mangga bagi kesehatan — Buah mangga yang memiliki nama latin Mangifera Indica ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan, termasuk salah satunya negara kita, Indonesia.

Jadi tidak mengherankan kalau buah yang satu ini sangat akrab dan mudah didapatkan oleh kita masyarakan Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga karena Indonesia merupakan negara penghasil mangga terbesar keempat di dunia setelah India, Tiongkok, dan Thailand pada 2014 lalu.

Aroma dan rasa manisnya yang khas membuat buah mangga ini banyak disukai. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila permintaan konsumen terhadap buah mangga ini berada dalam angka yang cukup tinggi.

Disamping itu, manfaat yang didapat apabila mengkonsumsi buah mangga pun sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi dan Vitamin dalam Buah Mangga


Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh
Image via pixabay.com

Per 100g buah mangga, terkandung didalamnya 27,7 mg vitamin C dan 765 IU vitamin A. Jumlah tersebut mampu memenuhi 45% dan 25,5% kebutuhan harian tubuh akan asupan vitamin tersebut.

Selain itu, buah mangga juga mengandung vitamin B6, E, dan K dalam jumlah sedang, ditambah dengan banyaknya kandungan mineral dan elektrolit yang penting bagi tubuh.

Dari sejumlah senyawa yang terkandung didalam buah mangga seperti magnesium, tembaga, selenium, zat besi, kalsium, mangan, serta fosfor, adalah potassium yang paling banyak dimiliki oleh per 100g buah mangga, yaitu sekitar 156 mg per 100 g.

Kandungan beta karoten dalam jumlah yang banyak membuat buah mangga ini memiliki warna orange.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat yang dimiliki buah mangga bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah :

Membantu Mengontrol Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Dalam per 100 g buah mangga, terdapat 156 mg potassium dan 2 mg sodium. Oleh karena itu, buah mangga sangat baik dikonsumsi terlebih bagi mereka yang menderita hipertensi.

Ini dikarenakan potassium itu sendiri merupakan unsur penting dari sel dan cairan tubuh yang mampu mengontrol tekanan darah dan juga detak jantung.

Selain itu, karena buah mangga mengandung banyak potassium dan sedikit sekali mengandung sodium.

Buah mangga ini sangat dianjurkan untuk disertakan dalam hidangan bagi mereka yang melakukan diet guna mencegah terkena penyakit jantung.

Mangga pun memiliki pektin, serat pangan larut yang berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Membantu Mencegah Kanker

Senyawa pektin yang terkandung dalam buah mangga juga turut membantu mencegah berkembangnya kanker prostat.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Institute for Food Research menemukan bahwa, terdapat senyawa di dalam pektin yang mampu mengikat serta menghambat protein yang berperan penting di seluruh tahap perkembangan kanker.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Texas Agrilife Research mengemukakan bahwa, antioksidan polifenol yang terdapat di dalam buah mangga mampu memberikan perlindungan dari kanker darah juga paru-paru.

Namun senyawa ini paling efektik memberikan perlindungan terhadap kanker usus dan payudara.

Membantu Menambah Berat Badan


Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan Tubuh
Image via flickr.com
Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, terutama anda yang menginginkan berat badanya naik. Disarankan untuk menyertakan buah mangga dalam hidanganya.

Ini dikarenakan, buah mangga mengandung kalori yang cukup tingi. Kalori tersebut berasal dari gula yang terdapat di dalam buah mangga.

Per 150 g buah mangga mengandung kurang lebih sekitar 86 kalori yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh.

Selain itu, buah mangga juga mengandung zat tepung yang dapat berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan anda.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah mangga memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah pencernaan serta kelebihan asam.

Hal ini dikarenakan buah mangga mengandung enzim tertentu yang baik bagi pencernaan juga turut membantu melancarkan pencernaan secara alami.

Terdapat sejumlah senyawa bioaktif di dalam buah mangga yang turut membantu fungsi sistem pencernaan.

Senyawa tersebut diantaranya adalah ester, terpenes, dan aldehil. Selain itu, senyawa bioaktif ini juga turut membantu meningkatkan nafsu makan.

Membantu Mengatasi Anemia

Mengkonsumsi buah mangga secara teratur dalam jumlah yang wajar membantu tubuh dalam meningkatkan sel darah merah.

Dengan adanya zat besi yang terkandung di dalam buah mangga tentunya akan sangat baik bagi penderita anemia.

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari sejumlah vitamin yang terkandung di dalam buah mangga. Dua diantaranya memiliki jumlah yang cukup banyak, yaitu vitamin A dan C. Kedua vitamin ini tentunya sangat baik bagi imun tubuh.

Vitamin A diperlukan oleh tubuh guna menjaga kesehatan membran mukosa yang termasuk kedalam bagian dari sistem pertahanan tubuh terluar.

Selain itu, dalam buah mangga juga terdapat senyawa beta karoten dan juga karotenoid yang turut membantu melindung tubuh dari berbagai bakteri dan racun.

Membantu Mencegah Asma

Diketahui bahwa resiko berkembangnya asma lebih rendah pada mereka yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah tingkatan yang tinggi. Salah satu nutrisi tersebut terdapat dalam buah mangga, yaitu beta karoten.

Disamping itu, buah mangga telah lama digunakan sebagai obat tradisional di Tiongkok guna mengobati sejumlah penyakit terkait inflamasi termasuk diantaranya asma, demam, gusi berdarah, batuk, konstipasi, mual, dan masalah pencernaan.

Membantu Memperlambat Penuaan

Disamping baik bagi kesehatan tubuh, ternyata buah mangga juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit kita.

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam buah mangga ini membantu meningkatkan produksi kolagen yang ada di dalam tubuh.

Kolagen inilah yang berperan sebagai pelindung bagi pembuluh darah serta jaringan penghubung lainya, sehingga memperlambat proses penuaan.

Selain itu, buah mangga juga mengandung sejumlah polifenol dan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Oleh karena itu, dengan adanya kandungan tersebut, buah mangga baik dikonsumsi guna mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti jerawat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda