Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh - eHealthy Lifes

24 May 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat buah pisang bagi kesehatan — Buah yang umumnya berbentuk lonjong dan memanjang ini sangat mudah di temui diberbagai daerah yang ada di Indonesia.

Buah yang memiliki warna kuning ini digemari banyak orang karena rasanya yang khas, terlebih buah yang satu ini banyak di olah kedalam berbagai jenis olahan makanan.

Oleh karena itu, sangat menarik untuk kita ulas berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh buah pisang ini bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh
Image via freestockphotos.biz

Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh setiap makanan yang kita konsumsi, khususnya buah-buahan.

Satu diantara buah tersebut adalah buah pisang. Buah yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, diantaranya adalah :

Sebagai Sumber Energi

Buah pisang kaya akan sumber mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh. Selain itu, nutrisi yang terkandung didalam buah pisang terbilang tinggi, diantaranya adalah karbohidrat, kalsium, zink, magnesium, fosfor, vitamin C, dan vitamin B6.

Ketika mengkonsumsi buah pisang ini, tubuh kita akan merasakan 'kenyang' yang lebih lama. Hal ini dikarenakan dalam buah pisang terkandung serat dengan jumlah yang tinggi.

Oleh karena itu, buah pisang diketahui mampu memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan manfaat yang dimilikinya sebagai sumber dari energi yang dibutuhkan oleh tubuh, tidak heran apabila buah pisang ini sering disertakan kedalam menu diet, baik untuk diet guna menurunkan berat badan maupun diet guna mengontrol diabetes dan hipertensi.

Baik Bagi Sistem Saraf dan Jantung

Dalam buah pisang, terkandung senyawa kalium yang sangat penting bagi sistem saraf dan konstraksi otot, serta sangat penting bagi sistem saraf otonom (SSO). Saraf-saraf tersebut merupakan sistem pengendali detak jantung.

Apabila tubuh kita kekurangan akan kalium yang terdapat di dalam dalam darah (hipokalemia), maka hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi jantung, khususnya pada irama detak jantung.

Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan kandungan kalium dalam jumlah yang tinggi pada buah pisang diketahui mampu mengisi kembali cairan elektrolit tubuh yang mudah habis saat terkena diare dan juga turut membantu mencegah dehidrasi.

Selain itu, buah pisang juga turut membantu mengatasi masalah susah buang air besar serta membantu melancarkan kembali saluran pencernaan yang ada didalam tubuh melalui pektin.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dengan tingginya kandungan kalium yang terdapat didalam buah pisang diketahui mampu menurunkan level tekanan darah tubuh seseorang, dan juga turut membantu meminimalisir resiko terkena penyakit jantung dan juga stroke.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Masih mengenai kalium yang terkandung didalam buah pisang. Selain kontribusinya yang ikut membantu menurunkan tekanan darah dan juga meminimalisir resiko penyakit jantung dan juga stroke.

Ternyata kalium yang terdapat didalam buah pisang juga turut membantu menjaga kesehatan tulang secara umum.

Ialah Fructooligosaccharide (FOS) yang terdapat didalam buah pisang ini yang diketahui turut membantu dalam proses penyerapan nutrisi, terutama kalsium. Penyerapan kalsium yang baik akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Sebagai Sumber Vitamin B6

Satu buah pisang mampu memenuhi 35% asupan vitamin B6 yang disarankan setiap harinya. Vitamin ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mencegah infeksi. Juga, tubuh membutuhkan vitamin B6 untuk membentuk sel baru.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda