Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh - eHealthy Lifes

07 July 2014

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat buah nanas bagi tubuh — Buah yang memiliki nama latin Ananas Comosus atau biasa dikenal dengan nama buah nanas ini berasal dari Amerika Selatan.

Sama halnya dengan buah pepaya, buah nanas tumbuh subur di negara yang memiliki iklim tropis.

Salah satunya Indonesia, di Inonesia sendiri, buah nanas banyak dibudidayakan terutama di daerah Subang dan juga Lampung.

Kedua daerah ini sangat terkenal sebagai pusat dari perkebunan nanas. Sehingga tidak mengherankan jika buah ini mudah didapatkan dan banyak dijajakan baik di pasar tradisional maupun di supermarket.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap buah-buahan tentunya memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan.

Begitupun dengan buah yang memiliki rasa masam ini, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terbilang wajar akan memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh
Image via pixabay.com

Berdasarkan The World’s Healthiest Foods, buah nanas memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan mangan.

Diketahui, dalam 165 g nanas terdapat setidaknya 105,1% vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya. Sedangkan untuk kandungan mangan yang terdapat didalam buah nanas berkisar pada 76,5% dari kebutuhan tubuh per harinya.

Disamping itu, buah nanas juga banyak mengandung asam pantotenik, vitamin B1, B6, folat,tembaga, serta serat pangan.

Meskipun buah nanas mengandung vitamin A, namun jumlahnya terbilang kecil.

Selain itu, terdapat banyak kandungan enzim proteolitik bromelain yang turut membantu tubuh dalam memecah protein dimana kandungan tersebut terdapat pada batang buah nanas serta ekstrak inti buah nanas.

Dengan berbagai macam kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral tersebut, buah nanas menawarkan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah :

Membantu Mencegah kanker serta Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Dalam sebuah hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Queensland Institute of Medical Research memaparkan bahwa,

terdapat dua molekul penting yang terdapat pada bromelain, yaitu CSS dan CCZ. Dimana molekul CSS tersebut mampu menahan protein Ras yang ditemukan pada 30% penyakit kanker. Sedangkan molekul CCZ berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh guna mengenali dan menghancurkan sel kanker.

Kedua molekul tersebut diyakini juga dapat mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan juga melanoma.

Bromelain yang dipercaya memiliki fungsi yang baik sebagai zat anti kanker tersebut banyak terkandung didalam buah nanas.

Bromelain juga disebut-sebut bisa mengurangi rasa sakit dan efek buruk selepas menjalani kemoterapi.

Selain kaya akan kandungan bromelain, buah nanas juga mengandung sumber mangan yang sangat baik bagi tubuh. Mangan termasuk co-factor enzim superoksida dismutase yang merupakan penghambat radikal bebas yang sangat kuat.

Buah dengan rasanya yang masam ini pun kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu anti oksidan alami yang juga membantu mencegah kanker.

Membantu Menyehatkan Saluran Pencernaan

Diketahui, enzim bromelain yang terdapat didalam buah nanas berguna untuk membantu memecah protein yang terdapat didalam makanan yang dikonsumsi sehingga lebih mudah dicerna oleh usus.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2008 lalu dalam Clinical Immunology, bromelain yang terdapat didalam buah nanas memiliki sifat anti inflamasi, sehingga efektif mencegah peradangan dan penyakit yang timbul pada usus besar termasuk cacingan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah nanas ini bebas dari lemak jenuh dan juga kolesterol, serta memiliki kandungan kalori yang rendah. Sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Berdasarkan nutritiondata.self.com, dalam per 100 g buah nanas terkandung di dalamnya sebanyak 50 kalori yang setara dengan buah apel.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa, bromelain yang terdapat didalam buah nanas terbukti mampu menghilangkan lemak.

Dengan mengkonsumsi bromelain selama 30 hari diketahui dapat membantu menurunkan berat badan hingga 4,27 kg.

Selain itu, buah nanas juga banyak mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut seperti pektin yang berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan.

Membantu Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan banyaknya jumlah vitamin C yang terdapat di dalam buah nanas, membuat buah masam yang satu ini sangat bermanfaat dan berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah nanas pun turut membantu proses sintesis kolagen yang ada di dalam tubuh.

Fungsinya yaitu untuk mempertahankan fungsi pembuluh darah, kulit, organ dan juga tulang.

Membantu dalam Proses Penyembuhan Sinusitis

German Commission E, sebuah komisi khusus yang berisikan para ahli di bidang makanan dan obat-obatan menyatakan bahwa, bromelain dapat digunakan dalam proses penyembuhan sinusitis.

Studi menunjukkan bahwa, anak-anak yang didiagnosis menderita sinusitis akut dapat sembuh lebih cepat apabila diberikan bromelain saat perawatan dibandingkan zat-zat lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda